PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK NEGERI 5 PADANG

Authors

  • Popi Syafira Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti Padang
  • Caterina Lo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti Padang
  • Detman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti Padang

Keywords:

Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 5 Padang. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian adalah menggunakan pendekatan Kuantitatif karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif karena hanya mengukur variabel yang ada dan tidak memanipulasi vriabel tersebut. Populasi dan sampel yang ada pada penelitian ini adalah sejumlah 57 siswa program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 5 Padang. Variabel yang diteliti adalah Kompetensi guru dan Fasilitas belajar sebagai variabel bebas dan Hasil belajar sebagai variabel terikat, data diperoleh dari angket dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat terdapat pengaruh langsung secara positif antara kompetensi guru dan Fasilitas belajar terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa di SMK Negeri 5 Padang, dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,237 menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar secara bersam-sama berpengaruh terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan sebesar 23,7%.

References

Adiputra, I. M., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N.P., Munthe, S. A., Hulu, V.T, Budiastutik, I., & Faridi, A. 2021. Metodologi Penelitian Kesehatan (R.Watrianthos & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.

Ahmad Ardat, Jaya Indra. 2021. Biostatistik dalam Penelitian Kesehatan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Damanik Bahrudi Efendi, Irawan Eka, dkk. 2022. Macam Variabel.

Febriana Rina. 2021. Kompetensi Guru. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Handayani, Ririn.2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Jufrizen. 2021. Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan dengan Etika Kerja Sebagai Variabel Moderating. Medan: Umsu Press.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Absolute Media.

Setiawan Hasrian Rudi, Achmad Bahtiar. 2023. Metode Role Play Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Medan: Umsu Press.

Adi Nugraha, Y. 2020. The Improvement of Tourist-Village Promotion Through the Optimalization of Information and Communication Thechnology for Rural-Youth. International Journal of Bussiness, Economics, and Social Development, 1(2), 90-98.

Anggraini, P. d., & Wulandari, S. S. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.

Citra Yulia. 2022. Pengaruh Komitmen Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA.

E. R. Hariani. 2022. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi. No. April, pp. 1191-1195.

Manang, Maria Efrasia., & Bunga, Yohanes Nong. 2020. Persepsi Guru Biologi terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Biologi di Kabupaten Sikka.

Nisya Sintawana, Diana Putri Lazirkha, Siti Nurindah Sari. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Berbasis E-learning pada Aplikasi Zenius terhadap Hasil Belajar Siswa SMA.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Republik Indonesia. 2007. Pemendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara.

Republik Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.

Downloads

Published

29-06-2024

How to Cite

Popi Syafira, Caterina Lo, & Detman. (2024). PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK NEGERI 5 PADANG. EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL, 2(1), 13–18. Retrieved from https://ojs.fkipunes.com/index.php/eesj/article/view/13